Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian;
    1. mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel);
    1. menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
    1. mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan;
    1. mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
    1. mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran; dan
    1. mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.
    1. Capaian Pembelajaran Bidang Studi

Bidang Studi Pendidikan Matematika

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai guru matematika yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan dan dapat berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dengan membangun kompetensinya.
  2. Mampu menjadi guru matematika yang dapat merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel)
  3. Mampu memahami materi matematika sekolah secara struktur dan advance material secara bermakna dalam penyelesaian permasalahan dari suatu sistem (pemodelan matematika) dan penyelesaian masalah praktis kehidupan sehari-hari melalui kerja problem solving, koneksi dan komunikasi matematika, critical thingking, kreatifitas berpikir matematis yang selaras dengan tuntutan masa depan.
  4. Mampu merancang pembelajaran matematika berbasis IT dengan memadukan memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan.
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran matematika yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
  6. mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran matematika yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran matematika; dan
  7. mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional dalam bidang matematika menjadi enterpreneur pendidikan matematika, penelitian bidang matematika, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi bidang matematika.

Capaian Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Biologi

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai guru biologi yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan dan dapat berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dengan membangun kompetensinya.
  2. Mampu menjadi guru biologi yang dapat merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel)
  3. Mampu memahami materi biologi sekolah secara struktur dan advance material secara bermakna dalam soal biologi yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Mampu merancang pembelajaran biologi berbasis IT dengan memadukan memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan.
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran biologi yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
  6. mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran biologi yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran matematika; dan
  7. mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional dalam bidang biologi menjadi enterpreneur pendidikan biologi, penelitian bidang biologi, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi bidang biologi

Capaian Pembelajaran Bidang Studi PPKn

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai guru PPKn yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan dan dapat berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dengan membangun kompetensinya.
  2. Mampu menjadi guru  PPKn yang dapat merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel)
  3. Mampu memahami materi PPKn sekolah secara struktur dan advance material secara bermakna dalam soal PPKn yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Mampu merancang pembelajaran PPKn berbasis IT dengan memadukan memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan.
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran PPKn yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
  6. mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran PPKn yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran matematika; dan
  7. mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional dalam bidang PPKn menjadi enterpreneur pendidikan PPKn, penelitian bidang PPKn, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi bidang PPKn.
  • https://digital.c2isante.fr/glpi/
  • http://test.nflalumni.org/
  • https://glpi.drimaes.com/
  • https://ankahair.com/wp-includes/
  • https://kmvholding.turist-kavkaz.ru/
  • https://mfbm.bangsamoro.gov.ph/