PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) LPTK UNIVERSITAS LABUHANBATU ULB MENDAPATKAN KUOTA PPG CALON GURU (PRAJABATAN) DAN KUOTA GURU TERTENTU (DALAM JABATAN) ANGKATAN II TAHUN 2024

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kembali membuka pendaftaran PPG Calon Guru (Prajabatan) dan Guru Tertentu (Dalam Jabatan).

PPG Calon Guru (Prajab) diperuntukkan kepada lulusan S1 Kependidikan dan S1/D4 Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar Nasional Pendidikan. sementara itu PPG Guru Tertentu (Daljab) adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk guru yang sudah mengabdi dan terdaftar di dalam Data Pokok Pendidik (Dapodik ) baik berstatus Pegawai Negeri Sipil maupun yang masih berstatus Honorer yang terhitung pengabdian tahun 2015 ke bawah.

Pendaftaran PPG Prajabatan telah dilaksanakan mulai dari tanggal 4 April 2024 sampai dengan 15 Mei 2024 dengan 3 seleksi yang dilaksanakan yaitu tes administrasi  atau tes berkas yang dilakukan secara online, yang kedua adalah  Tes Substansif yaitu tes Penguaasaan bidang dan tes kemampuan dasar, dan yang terakhir adalah tes wawancara yaitu menggali Kompentensi Profesional dan Personal Calon Mahasiswa Setelah seluruh tes dilaksanakan maka Kelulusan Peserta akan diumumkan, Pengumuman dilaksanakan  pada tanggal 14 Agustus 2024 disini  Para peserta yang mengikuti Tes dapat melihat apakah dia berhak menjadi peserta PPG Prajabatan. Dan untuk Piloting PPG Daljab ini dimulai pada Senin 15 Juli 2024 lalu dan Berdasarkan edaran surat PPG Daljab 2024 yang diterbitkan pada 19 Juli 2024, untuk pemanggilan calon peserta piloting program pendidikan profesi guru dalam jabatan 2024 dilakukan melalui akun SIMPKB pada 22 Juli 2024.

Berdasarkan hasil Ploting dari 120 LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) LPTK Universitas Labuhanbatu Mendapatkan kuota PPG Calon Guru (Prajab) sebanyak 32 Mahasiswa untuk Bidang Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Guru Tertentu (Daljab) mendapatkan kuota sebanyak 600 Mahasiswa yang terdiri dari bidang Studi Biologi 270 Mahasiswa, Bidang studi Matematika 210 Mahasiswa dan bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebanyak 120 Mahasiswa.

Direktur Pendidikan Profesi Guru Universitas Labuhanbatu bapak Dr. Amin Harahap, S.Pd.I, M.Si menuturkan Pengumuman Ploting peserta PPG ini menjadi kabar baik dan sangat menggembirakan untuk Universitas Labuhanbatu karena ini pertama kali nya LPTK Universitas Labuhanbatu akan Menyelenggarkan  PPG Calon Guru (Prajab) sebanyak 32 Mahaiswa yang akan dilaksanakan secara luring di Kampus Universitas Labuhanbatu. Sebelumnya LPTK Universitas Labuhanbatu telah melaksanakan PPG dalam jabatan dengan jumlah kelulusan sebanyak 83 mahasiswa.

Alhamdulillah tahun 2024 ini PPG ULB diberikan kepercayaan kembali oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dengan jumlah kuota sebanyak 600 Mahasiswa. LPTK Univeritas Labuhanbatu sangat berterimakasih kepada pemerintah terutama Direktorat Profesi Pendidikan Guru yang memberikan kesempatan kepada LPTK Universitas Labuhanbatu untuk menjadi salah satu Lembaga Penyelenggara PPG Calon Guru (Prajab) dan PPG Guru Tertentu (daljab) di tahun 2024 ini, tentunya LPTK Universitas Labuhanbatu akan menjalankan amanah yang di berikan dan di laksanakan Sebaik mungkin agar dapat menciptakan calon guru yang Profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi agar terwujudnya  Profil Pelajar Pancasila.

LPTK Universitas menyambut hangat kedatangan peserta PPG Calon Guru di universitas Labuhanbatu secara Luring dan PPG Guru Tertentu (Daljab) secara Daring.

LPTK Universitas Labuhabatu berharap semoga para peserta  dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan nyaman dan memperoleh ilmu Untuk Bekal Menjadi seorang Guru serta selama Perkuliahan PPG berlangsung kondisi Peserta dalam keadaan baik dan memperoleh nilai yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA ImageChange Image